Tuesday, December 19, 2017

Mosfet H Bridge Sunny Island

Hari ini saya membuka inverter SMA Suny Island 6kva. Saya hanya mengamati H Bridge mosfetnya saja. Saya baca mosfetnya type F2907Z. Mosfetnya sejumlah 32 Pcs. Berarti tiap kutub bridge nya memiliki 8 Mosfet. Setelah saya baca datasheetnya Rds on 4.5 Miliohm. Tegangan maksimal 75volt. Power disipasi 330Watt. System battery inverter ini maksimal 48 volt. Jadi saat battery kondisi full tegangan mencapai 60volt. Saya cukup terkejut melihat rancangan elektronik sekitar tahun 2003 tetapi dengan efisiensi hampir mendekati teknologi mosfet yang terbaru yaitu mosfet Galium (Gan), yang Rds on berada sekitar 1-2 Miliohm untuk type mosfet yang hampir sama. Sepertinya teknologi inverter SMA yang type off grid tampaknya tidak perlu diupgrde lagi mosfetnya karena efisiensi sudah baik dan pemilihan part sudah sangat tepat. Teknologi yang dipakai yaitu low frequency transformer. Ini mungkin sedikit membantu yang sedang membuat Inverter. Perhitungan dayanya yaitu 330 x 32 = 10500 Watt. Kemampuan peak powernya mampu mencapai angka yang jauh diatas angka tertulis yaitu 6000va. 

No comments:

Post a Comment