Wednesday, July 18, 2018

Mosfet Reverse Polarity Protection

Reverse polarity protection atau perlindungan terhadap terbaliknya dari pemasangan kabel (biasanya positif dan negatif) terdapat pada banyak device. Salah satunya fitur ini terdapat di solar charger system PLTS/ Solar Home system off grid. Proteksi dilakukan dengan menambahkan dioda atau mosfet disalah satu kutubnya. Perlindungan bisa dipasang disisi positf, negatif ataupun keduanya. Namun yang lazim hanya dipasang pada positif atau negatif saja.
Yang paling efisien yaitu memasang mosfet N chanel pada sisi negatifnya. Mosfet dipilih dengan Rds on/resistansi terendah sesuai dengan tegangan kerjanya. Dibanding dengan metode yang misalnya dengan dioda, metode ini memiliki effisiensi energy yang lebih baik dan panas yang ditimbulkan juga lebih rendah. Cara lain yaitu dengan memasang P mosfet disisi positifnya. Namun efisiensi sedikit lebih rendah dibanding dengan menggunakan N mosfet.
Saya gunakan proteksi ini untuk perlindungan inverter dari kesalahan pemasangan input dari solar panel untuk System Solar Pumping Hibrid. Berkut adalah schematicnya.

Sesuai Schematic diatas proteksi ada disisi negatif. Bila terbalik maka tidak ada arus yang mengalir ke mosfet karena gate N mosfet akan mengaktifkan mosfet apabila diberi tegangan positif. Bila gate mosfet diberi negatif maka mosfet akan mati atau tidak aktif. resistor dipilih sesuai dengan prinsip pembagi tegangan atau voltage devider. Rangkaian diatas mampu sampai tegangan 65-160VDC. dimana tegangan gate mosfet sesuai simulasi berkisar antara 7-17volt. Maka mosfet akan aman. Gate mosfet rata2 bekerja antara 5-20Volt. Untuk menghindari tegangan input awal/kejut dengan tegangan tinggi ditambahkan dioda zener 15Volt. Jadi tegangan gate terhadap ground/negatif diclamp maksimal di 15volt agar tidak merusak mosfet. Rangkaian diatas menggunakan 4 mosfet IRFP460, yaitu mosfet dengan rating 15Ampere 600volt, Jadi total bisa diaplikasikan mampu menghandel 60Ampere. Jika berminat bisa menghubungi bambangnur23@gmail.com. atau 08984885683 melalui SMS saja. Harga per set dengan 4 Mosfet sekitar 200ribu rupiah.

No comments:

Post a Comment