Thursday, November 9, 2017

Memilih solar panel yang baik & tepat (choosing correct solar modul)

Memilih solar modul/solar panel yang baik biasanya berdasarkan banyak hal. yang pertama tentu disesuaikan dengan budgetnya. Selanjutnya pilih sesuai power rating yang cocok dengan kebutuhan . Misalnya dengan kebutuhan 1000WP bisa dipilih 250WP 4Pcs. Pertimbangan lain yaitu dibawah ini :

1.Secara visual kualitas kaca yang mengkilat lebih baik dalam transfer radiasi ke cell. Kaca ini berbeda dengan low iron temperred glass biasa, masih ditambahkan campuran khusus. Contoh merek solar cell yang memakai kaca ini adalah Solar World dan Canadian Solar.

2.Untuk frame dipilih yang memiliki lapisan anodized yang tebal, lapisan ini berfungsi untuk lapisan anti karat pada frame, bila lapisan terlalu tipis maka akan gampang tergores/ scratch. Frame juga dipilih yang tebalnya antara 35mm-50mm. Bila frame tebalnya kurang dari 35mm untuk modul yang power ratingnya diatas 100WP maka perlindungan terhadap solar cell kurang baik dan gampang melengkung. Kebanyakan Top 10 Brand sudah memiliki kualitas frame yang baik.

3. Toleransi power rating Positiv.
Solar modul yang baik memiliki toleransi positif, karena designernya menggunakan power cell yang diatas stiker yang ditempel. Misalnya untuk power yang 300WP 72Cell, maka cell power yang digunakan 300:72=4,16 Watt, yang mendekati yaitu 4,2 watt jadi hasil power 300WP+. Contoh untuk merek yang memakai toleransi positif adalah Amerisolar.

4.Material Backsheet.
Backsheet yang umumnya terbuat dari TPT/Tedlar. Namun yang lebih baik pada lapisan aluminium backsheet ditengahnya. Aluminium disini berfungsi untuk mendinginkan cell sehingga losis power akibat radiasi panas lebih baik dibanding dengan backsheet biasa. Contoh merek yang memakai backsheet ini adalah HanhwaSolar.

5. Junction Box.
Junction box pada solar modul berfungsi sebagai penghubung dari cell ke kabel konnektor. Namun ada pula yang menambah fitur khusus selain hanya sebagai konnektor. Misalnya Jinko Solar pada produk terbarunya menambahkan komponen elektronika seperti pada charger/MPPT sehingga losis lebih rendah saat diparalel dengan modul yang lain. 

6.Garansi.
Untuk solar modul premium biasanya garansi pabrikan mencapai 10 tahun, sedangkan untuk garansi power 80% biasanya sampai 25 tahun.

7. Cell yang dipakai.
Cell terbuat dari silikon yang dapat dilihat dari jumlah bushbar konnektornya. Ada yang 3, 4 atau 5 pcs bushbarnya. Cell Mono biasanya warnanya gelap yang merata. Sedangkan poly memiliki warna biru yang seragam.

8. Kabel dan connector yang baik.
Panjang kabel biasanya sudah disesuaikan dengan ukuran modul, baik dirangkai series sebelah kiri ke kanan atau atas dan bawahnya.

No comments:

Post a Comment